Sifilis Pada Kelamin

Sifilis pada kelamin merupakan penyakit sipilis yang disebabkan oleh bakteri spirokaeta Treponema pallidum yang ditularkan melalui kontak langsung dengan lesi basah yang terinfeksi. Penyakit sipilis ini bisa menular melalui hubungan seksual, baik vaginal, rektum, anal, maupun oral. Sifilis pada kelamin tidak menular melalui peralatan makan, tempat dudukan toilet, knop pintu, kolam renang, dan tukar-menukar pakaian.Organisme ini dapat menembus membran mukosa yang intak atau kulit yang terkelupas atau di dapat melalui transplasenta. Satu kali kontak seksual dengan mitra seksual yang terinfeksi memberikan kemungkinan 10% menderita sifilis. Penyakit yang tidak diobati akan berlanjut dari sifilis primer ke sifilis sekunder, sifilis laten dan akhirnya sifilis tersier. Sifilis kongenital mempunyai perjalanan penyakit dan gejala-gejala sendiri.

Beberapa lesi pada penyakit sipilis.

Lesi primer sifilis adalah chancre keras, papula yang padat dan indurasi tanpa rasa sakit atau ulkus dengan tepi meninggi yang muncul 10 hari hingga 3 bulan (rata-rata 3 minggu) setelah masuknya treponema ke dalam tubuh. Chancre ini dapat terletak di genitalia eksterna, serviks atau vagina atau daerah kulit manapun atau membran mukosa tubuh tetapi seringkali tidak terlihat pada wanita. Lesi primer menetap selama 1-5 minggu dan kebanyakan diikuti penyembuhan spontan. Setiap lesi yang dicurigai sebagai chancre harus dilakukan pemeriksaan lapangan gelap, untuk mencari adanya treponema karena tidak tersedia biakan. Uji serologis untuk sifilis harus dilakukan setiap minggu selama 6 minggu atau sampai positif (biasanya reaktif 1-4 minggu setelah muncul chancre).

Sifilis Pada Vagina

Erupsi kulit generalisata (makula, makulopapuler, papuler atau pustuler) atau sifilis sekunder muncul 2 minggu hingga 6 bulan setelah lesi primer. Ruam yang terjadi difus, bilateral, berupa erupsi papuloskuamosa simetris yang dapat mengenai telapak tangan dan kaki. Terdapat lesi di perineum (papula yang basah, kondiloma latum) dan positif untuk treponema pada pemeriksaan lapangan gelap atau penelitian imunofluoresen. Mungkin terdapat bercak mukosa lainnya disamping alopesia setempat, hepatitis atau nefritis. Limfadenopati generalisata khas terjadi. Lesi sekunder menetap selama 2-6 minggu dan sembuh spontan. Uji serologi hampir selalu positif pada tahap ini.

Sifilis laten adalah sifilis yang tidak diobati, setelah gejala-gejala sekunder menghilang. Penderita ini tetap terinfeksi selama 1-2 tahun dan dapat kambuh menyerupai tahap sekunder. Keadaan laten ini dapat berlangsung seumur hidup atau berakhir dengan berkembangnya sifilis tersier yang terjadi pada sepertiga penderita.

Gejala sifilis dan penyebab pada kelamin antara lain:

Banyak orang yang terinfeksi penyakit sifilis pada kelamin namun tidak menunjukkan gejala selama bertahun-tahun, akan tetapi dapat berakibat komplikasi jika tidak segera dilakukan pengobatan. Meskipun penularang penyakit sipilis terjadi dari orang keorang akibat luka sifilis pada stadium primer dan sekunder namun sering kali luka ini tidak nampak.Jadi penularan dapat terjadi dari penderita yang tidak menyadari aka penyakit yang dideritanya.

Gejala penyakit sipilis yang berlangsung 3-4 minggu, yang kadang-kadang bahkan sampai 13 minggu. Lalu gejala lainnya akan muncul benjolan pada alat kelamin itu yang dinamakan sifilis pada kelamin. Yang terkadang dibarengi dengan pusing dan nyeri tulang sperti flu, yang akan hilang dengan sendirinya tampa melakukan pengobatan apapun. Adanya bercak-bercak kemerahan yang muncul pada tubuh sekitar 6-12 minggu setelah melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Seringkali penderita penyakit sipilis tidak memperhatikan gejala ini karena gejala dapat hilang dnegan sendirinya.

Selama 2-3 tahun penyakit sifilis pada kelamin ini tidak akan menunjukkan gejala apapun atau yang sering disebut dnegan sebutan masa laten. Penyakiitb sipilis akan menyerang susunan syaraf otak, pembulus darah dan jantung. Apabila anda termasuk dalam wanita yang mengidap penyakit sipilis dan anda sedang dalam kondisi hamil, penyakit sifilis pada kelamin ini dapat ditularkan kepada janin yang ada dalam kandungannya dan bisa saja lahir dengan kerusakan kulis, hati, limpa, dan keterbelakangan mental.

Cara Mencegah Sifilis

Cara untuk mencegah penularan penyakit sifilis sama dengan cara mencegah penyakit menular seksual lainnya, yaitu berhenti melakukan kontak seksual dalam jangka waktu lama dan memiliki satu pasangan tetap untuk melakukan hubungan seksual.

Menghindari alkohol dan obat-obat terlarang juga membantu mencegah penyebaran sifilis karena aktivitas tersebut meningkatkan perilaku seksual beresiko. Penting bagi pasangan untuk membicarakan secara terbuka mengenai riwayat peyakit menular seksual mereka atau mungkin statusnya pada HIV sehingga langkah pencegahan dapat dilakukan.

Luka pada alat kemaluan dapat muncul pada pria dan wanita. Luka tersebut dapat muncul pada area yang terlindungi kondom maupun area yang tidak terlindungi. Penggunaan kondom lateks dengan benar dan konsisten dapat menurunkan resiko penularan sifilis dan juga penyakit menular seksual lainnya bila area yang terinfeksi terlindungi.

Cara mengdiagnosis penyakit sipilis pada kelamin

Beberapa penyedia perawatan kesehatan dapat mengdiagnosis sifilis pada kelamin dengan menguji sampel dari luka yang terinfeksi dengan menggunakan mikroskop khusus yang sidebut dark-field microscope. Jika terdapat bakteri sifilis pada kelamin yang terdapat luka, bakteri tersebut akan tampak di mikroskop. Tes darah adalah cara lain untuk memastikan apakah seseorang terjangkit penyakit sipilis. Tidak lama setelah terjadi infeksi, tubuh akan memproduksi antibodi sifilis yang dapat dilihat dengan tes darah yang akurat, aman, dan murah. Kadar rendah antibodi dapat bertahan dalam darah selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun bahkan setelah penyakit tersebut sembuh.

Cara Beli Propolis Obat Sipilis
Untuk Mengobati Penyakit Sipilis

propolis

1 Botol Propolis-Obat Sipilis Harga Rp. 115.000 dengan Isi 6 ml/botol

Cara Pemesanan Obat Sipilis: SMS ke 0878-8896-9797, tuliskan: Pesan Propolis -Obat Sipilis, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Pengobatan Penyakit Sifilis, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Sipilis and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.